Senin, 22 Juni 2015

Bahasa Inggris Unik

Bahasa Inggris memang unik, bahkan terkadang ‘liar’. Seperti juga yang dapat Anda baca di sini: Unik & liarnya Bahasa Inggris. Ada juga tentang Idiom, di sini: IDIOM. Nah, sebetulnya masih banyak keunikan yang dapat kita jumpai. Ini, seperti yang sudah saya katakana tadi, dapat memicu serta memacu kita untuk lebih menyukainya. Contoh lain umpamanya, kata 'freelance' konon berasal dari cerita tentang seorang ksatria yang menyewakan tombaknya secara bebas. Artinya, ia tidak mengabdi pada tuan manapun. Ia bergerak secara bebas. Pelajaran-pelajaran di balik kata dalam Bahasa Inggris yang tersembunyi itu dapat mengajak kita untuk semakin dalam menggali, dan semakin jauh mempelajarinya. Itupun kalau kita punya niat tentunya.

Lain lagi dengan kata kerja 'sanction' , ini adalah satu kata yang memiliki dua arti saling berlawanan makna yaitu menyetujui dan melarang. Apa jadinya bila satu kata ini tertempatkan dalam satu kalimat dengan maksud menjelaskan dua makna tersebut? Tentu akan menarik jadinya. Kata kerja 'cleave' juga memiliki dua arti yang saling berlawanan makna yaitu melekatkan dan memisahkan. Unik dan menarik tentunya bila dipajang dalam satu kalimat.

Kalau di Amerika, termasuk di daerah di mana saya tinggal maka postal code (kode pos) biasanya disebutkan atau disingkat saja dengan 'ZIP' (zip-code), konon ternyata singkatan tersebut adalah kependekan dari Zoning Improvement Plan. Kalau menurut hemat saya, kantor pos kita justru yang harus menerapkan improvement plan yang lebih lagi hehehe…

Jumlah dari ‘two plus eleven' (2 + 11) dan 'one plus twelve' (1 + 12) bukan hanya hasilnya sama-sama adalah 13, tapi juga jumlah hurufnya yang sama yaitu 13, dan juga ternyata penyusun huruf (alphabet) yang sama. Ajaib. Apakah itu sebabnya angka ‘13’ selalu mendapat stigma menakutkan, dan banyak orang menghindari penggunaan angka 13 tersebut? Tentu tidak. Angka 13 yang menakutkan itu adalah cerita lain.


‘Goddessship’, adalah satu-satunya kata dalam Bahasa Inggris yang memiliki huruf rangkap tiga (‘sss’). Sedangkan kata ‘Rhythm’ adalah kata terpanjang dalam Bahasa Inggris tanpa huruf vocal di dalamnya. Ada lagi yang unik lainnya? Banyak. Umpamanya, ternyata dalam Bahasa Inggris itu, hanya ada tiga kata yang memiliki sebuah huruf yang diulang sampai enam kali. ‘degenerescence’ (ada enam ‘e’), ‘indivisibility ‘ (ada enam ‘i’), dan ‘nonannouncement ‘ (ada enam ‘n’). Lantas kemudian hanya ada tiga kata dalam Bahasa Inggris yang memiliki dua huruf ‘u’ secara berurutan, yaitu ‘vacuum’, ‘residuum’, dan ‘continuum’. Masih ada lagi, bahwa katanya hanya ada satu kata dalam Bahasa Inggris yang semata-mata memiliki 1 buah vocal saja pada kata tersebut yaitu ‘I’, tapi huruf hidup satu-satunya tersebut muncul sebanyak 5 kali. Kata itu adalah ‘invisibility’.

Kata unik selanjutnya adalah ‘therein’. Kata ini terdiri dari 7 huruf yang dapat menimbulkan atau bisa memiliki 10 kata di dalamnya (ini tanpa harus merubah susunan huruf-hurufnya lho) kata tersebut adalah ‘therein’ = the, there, he, in, rein, her, here, ere, therein, herein. Unik dan lucu.

Hanya ada 3 kata dalam Bahasa Inggris yang diakhiri dengan sebutan ‘ceed’ yaitu : ‘proceed’, ‘exceed’ dan ‘succeed’.Kata ‘four’ adalah satu-satunya kata dalam Bahasa Inggris yang jumlah hurufnya sama dengan angkanya, yaitu empat (4). Bahasa Inggris, kalau boleh saya bilang adalah bahasa yang unik dan menggemaskan.
Akhirnya, Bahasa Inggris memang unik dan menarik untuk dipelajari, tentu saja bahasa-bahasa lain di dunia ini memiliki keunikan dan keliarannya masing-masing. Tetapi Bahasa Inggris memanglah merupakan yang paling banyak digunakan dan dipelajari di muka bumi ini. Bisa jadi, Bahasa Inggris ini juga adalah bahasa yang memiliki kosa kata terbanyak di dunia.

Lucunya, sangat sering baik di Amerika dan di Inggris English itu ‘diperebutkan’. Bahasa Inggris di Eropa (utamanya di Inggris) itu beda sama yang di Amerika yah? Entahlah. Dua-duanya mengklaim bahwa Bahasa Inggris merekalah yang paling baik, baku, dan benar. Sampai-sampai ada sebuah Negara Bagian (state) di Amerika yaitu Illinois yang menelurkan sebuah undang-undang bahwa berbicara Bahasa Inggris itu illegal. Lho kok bisa? Karena katanya bahasa resmi yang dikenal adalah ‘Bahasa Amerika’, nah lho!

2 komentar: