Rabu, 08 Juli 2015

Bahasa Inggris Gaul, Prokem, 'Alay'

Di mana pun kita berada, maka sudah barang tentu banyak kita jumpai bahasa-basa gaul, ‘alay’, atau prokem digunakan bebas. Bahasa memang selalu mengikuti perkembangan zaman, entah bahasa apa pun itu, selama zaman terus berkembang maka bahasa pun akan terus berkembang. Bahasa Inggris juga ternyata demikian, bahasa ini tidak lepas dari bahasa gaul, slang, dan singkatan-singkatan aneh bin ajaib lainnya. Setiap bahasa memang memiliki banyak keajaibannya sendiri dan banyak keunikan tersendiri.

Pernah suatu ketika saya mendengar seorang remaja, anak kawan saya bilang kata ini ‘soof!’, saya jadi bertanya makanan jenis apa pula itu? Ternyata ungkapan tersebut adalah untuk menyatakan kurang lebih seperti ini ‘sumpah deh’ atau ‘beneran nih’, dan atau yang sejenis itu. Semacam kata ‘sumpah’ untuk meyakinkan seseorang tentang sesuatu. Mungkin kita sering menyatakan dengan I Swear to God (ISTG).

Ada juga orang-orang luar sana yang saya lihat sering pakai status di FB maupun BBM mereka satu kata ajaib ini: ‘YOLO’, nah lalu kita bertanya apa sih yolo itu? Bukan loyo yah, itu lain artinya loh. Yolo ternyata adalah singkatan dari You Only Live Once, atau diterjemahkan sebagai ‘kamu hanya hidup sekali saja’. Makanya ada yang nyambung begini, so just enjoy it! Tapi ‘inga-inga’ my friend, you’ll get what you fork for, and not what you wish for. Jadi jangan terlalu ‘enjoy’ juga dalam menjalani hidup ini. Don’t get too excited and having too much enjoyments. 

Lantas apa pula artinya ‘Kudos’? Itu artinya hormat. Selanjutnya sebutan ’Dig’ itu apa? Itu artinya menyukai sesuatu. Contoh dalam kalimat, ‘I dig your anger face'. Kalau sebutan gaul dari kata ‘apa kabar’ tentu semua kita sudah tahu bukan? Bisa saja dengan ‘What's up’ atau ‘Wassup’ Di Amerika sering anak muda modifikasi menjadi ‘hey, whats’up dog’. Kalau menanyakan apa yang terjadi? Nah itu bisa dengan “What's happenin’?” atau “What's goin’ on?”

 
Sekarang kita lanjut lagi. Pernahkah Anda mendengar sebutan ‘What the hell’? Itu sebetulnya adalah ungkapan kesal dari sebuah pernyataan yang dapat diterjemahkan sebagai ‘Apa-apaan ini?’ Atau’ Kok begini sih.’ Atau juga ucapan-ucapan semacam dan sejenis itu. Banyak juga yang memodifikasinya menjadi ‘What the heck’. Jadi umpamanyanya dalam kalimat, ‘What the heck is goin’ on here?’ Atau sering disingkat WTH.
 
Sekarang kita jump up ke singkatan-singkatan ‘aneh’ lainnya. GBU dipakai untuk menyingkat God Bless You (harusnya GBY dong yah?) Tapi ‘You’ disingkat ‘U’. Ada juga saya temui kata ‘empty’ (kosong) itu di Amerika malah disingkat dengan ‘MT’. By the Way menjadi BTW, artinya ‘ngomong-ngomong’ atau dalam bahasa Manado ‘potong carita’, dan lalu On the Way disingkat menjadi OTW yang artinya sedang dalam perjalanan. ASAP itu As Soon as Possible – sesegera mungkin. Kalau C U itu sepadan dengan see you. Makanya sering ada kalimat C U Later (CUL). U C adalah untuk you see dan I C untuk I see. Kalau ILU itu tentu saja adalah I Love You. Bukan aku cinta huruf ‘u’ yah. Heeemmm…..

Sekarang kita masuk ke singkatan yang lebih sulit dan aneh lagi. Pernahkah Anda tersua dengan singkatan AFAIK? Tahu apa artinya itu? Itu adalah As Far as I Know. Sementara AKA itu adalah singkatan dari Also Known As – (Dikenal juga sebagai).

Bagaimana dengan ATM? Itu memanglah adalah mesin otomatis untuk penarikan uang, namun ternyata ada arti lainnya juga untuk singkatan ATM itu, yakni According To Me. Kalau ATTN tentu semua sudah mahfum itu singkatan dari Attention. LDR adalah kependekan dari Long Distance Relationship. Yang satu berikut ini sudah sangat sering kita dengar dan baca: LMAO, itu adalah Laughing My Ass Off. Temannya adalah LOL, singkatan dari Laughing Out Loud atau bisa juga untuk Lots of Laugh, atau ada yang memakainya untuk Lots of Luck. Kalau tertawa ngakak terguling-guling adalah ROFL yang disingkat dari Rolling On Floor Laughing. 

Kalau ada orang pelangak pelongok bingung sana sini di Manado sana, maka mereka itu akan sering dijuluki BBY alias ‘Bingo-Bingo Yaki’. Sementara dalam Bahasa Inggris ada istilah BBL dan BBS lho. Untuk BBL itu artinya Be Back Later dan BBS sama dengan Be Back Soon. Biasanya digunakan saat lagi chatting. Kalau sudah selesai, maka ditutup dengan BFN yang artinya Bye For Now.

Masih banyak lagi. FAQ itu singkatan Frequently Asked Question. Itu sudah lumrah digunakan dimana saja. FYI itu For Your Information, dan FYEO adalah For Your Eyes Only. GIGO sebutan untuk Garbage in Garbage out. Lantas, CMIIW adalah ‘Correct Me If I’m Wrong’. GMTA adalah Great Minds Think Alike. Ketika saya sakit suatu waktu, maka banyak pesan pun bermunculan, pesan itu adalah GWS yaitu Get Well Soon. Kepanjangan IIRC adalah If I Remember Correctly, sedangkan IMAO adalah In My Arrogant Opinion, maka IMCO itu singkatan dari In My Considered Opinion. Pusing tujuh keliling? Jangan dulu.

Pernah juga Anda bersua dengan 3 huruf ini? L8R itu ungkapan super gaul lain untuk menyebut ‘later’. Kalau LBAY (bukan lebay yah) adalah Laughing Back At You. Lalu ketika bertukar email atau pesan singkat juga sering ditemui singkatan ini – NRN, nah itu artinya No Reply Necessary. OIC adalah Oh I See, dan OMG adalah Oh My God, astaganaga! Okelah kawan-kawan, sehabis baca ini maka jangan coba-coba untuk memberi komentar OOT yah – Out Of Topic. Namun, tentu saja kalau berpikir OOTB itu justru sangat bagus – Out Of the Box. Diluar kebiasaan. Kreatif.

Karena tulisan ini sudah cukup panjang, maka saya sudahi saja dulu, dan mungkin akan saya lanjutkan dilain kesempatan. So, TAF (That’s All Folks). Dan, TAFN (That’s All For Now). Kita berjumpa lagi pada tulisan-tulisan berikutnya. WYSIWYG (What You See Is What You Get). Cheers!

2 komentar: