Kali ini saya bermaksud menulis sedikit tentang ungkapan dan
kata-kata bahasa Inggris yang sering dipakai oleh para pelaut. Ada
banyak arti berbeda yang bakalan kita temui di atas kapal. Begitu juga,
kita akan sering bersua dengan ungkapan-ungkapan yang ‘hanya dipakai di
atas kapal. Bahasa Inggris memang sangat luas. Demikian pula jika kita
ingin belajar tentangnya, keseriusan dan kepekaan kita akan amat sangat
diperlukan.
Di atas kapal kita akan mudahnya bersua dengan kata ini misalnya, Lay Out
– Nah, itu artinya perintah kepada para awak kapal untuk berbaris;
menjaga kapal tetap pada posisi tertentu hingga beberapa waktu lamanya.
Lalu apa artinya Berth? – itu adalah tempat di
mana sebuah kapal sedang ditambatkan atau diamankan. Ketika berth, maka
di sekitar kapal biasanya akan dipasangi jangkar. Kalau Unship – itu artinya menurunkan sesuatu dari kapal, atau memindahkan sesuatu dari tempatnya. Hawser
– adalah tali kabel baja yang sangat fleksibel yang sering diunakan
untuk menarik atau membelokkan sesuatu, dan untuk digunakan juga pada
saat penambatan.
Mari kita simak juga beberapa kalimat berikut ini: - Fire in the galley = Ada kebakaran di dapur kapal. - Electrical fire = Kebakaran karena arus listrik. - Collision = Tabrakan. - Grounding = Tenggelam. - Oil Spill = Ada kebocoran minyak. - Man overboard = Ada orang yang jatuh ke laut lepas. Pernah dengar sebutan Dead on End?
– Itu adalah sebutan untuk angin yang akan menghadang kapal. Bisa juga
dipakai untuk sebutan ketika ada kapal lain yang garis haluan dan
buritannya tepat berada pada garis pandang pengamat. Demurrage
– adalah kompensasi yang harus dibayar oleh penyewa kapal jika lama
waktu bongkar dan muat barang pada kapal yang disewa tersebut telah
melebihi waktu yang ditetapkan oleh perjanjian sewa.
Ini ada beberapa kalimat lain di atas kapal yang juga dapat kita pelajari: The master’s cabin= the cabin belongs to the master - Kabin tersebut adalah milik master (kapten). The C/E’s identity card = the card belongs to the C/E. (chief engineer) - Kartu tanda pengenal tersebut adalah milik C/E. The rating’s cabins = the cabins belong to the ratings (more than one rating) - Kabin-kabin tersebut adalah milik para ABK (ratings).
Mari
kita lihat beberapa pertanyaan berikut ini, dan coba silakan Anda para
pelaut terjemahkan itu ke dalam bahasa Indonesia dan beri jawabannya. A: What would you look out for in the hold whilst discharging? A: If you were going to load a cargo of raw sugar, then what would you be careful about in dunnaging the hold? A: In loading a mixed cargo how should it be generally distributed in the hold? A: I think you will be there in about five hours. I saw the tide just coming out now. Where do you come from? A: Hold on your chain. How much in the hawse pipe now?
Akhirnya,……
Seperti yang sudah sering saya tulis, bahwa Indonesia kita ini memiliki
tak kurang dari 70-an ribu pelaut aktif. Dengan jumlah sebesar itu,
kita sudah semestinya mengungguli pelaut-pelaut asing. Asal saja kita
punya kemauan dan kemampuan untuk itu. Attitude, Knowledge and English lantas menjadi sebuh stepping stone
dan ‘harga mati’ bagi para pelaut kita. Nenek moyang kita adalah para
pelaut sejati, dan bukan hanya sebatas pelaut biasa-biasa saja, namun
mereka adalah pelaut-pelaut yang hebat dan sangat tangguh. Bangsa kita
juga menyimpan lebih dari segudang pelaut-pelaut hebat dan tangguh.
Semoga semakin hari para pelaut kita akan semakin Berjaya di laut. "Jalesveva Jayamahe". MES.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus