Kamis, 21 Mei 2015

Misspelling

Ternyata misspelling di tempat umum selalu menarik untuk disaksikan. Misspelling bisa saja terjadi di mana-mana, yang disayangkan adalah ketika itu terjadi di tempat-tempat umum. Bahkan di papan-papan iklan yang di pajang gede banget pun tak luput dari “penyakit” ini. Bagaimana mungkin hal-hal seperti itu masih bisa terjadi di tempat umum? Bukankah sudah ada standart sebelum tulisan itu naik menjadi makanan publik. Tapi ada juga kerabat dekat nona misspell yang asyik ditemui di tempat umum. Apa itu? Nona Misuse!

Padahal sebetulnya sudah banyak software yang bisa menunjukkan kesalahan-kesalahan tersebut. Bahkan hampir semua bisa didapatkan gratis secara online. Sekali lagi, for free. Dengan memakain Ms World saja kita bisa tahu dengan pasti kesalahan-kesalahan misspelling tersebut.

Tapi memang, dengan menggunakan alat spell scheck tidak lantas menyelesaikan masalah begitu saja. Spell Check tidak bisa menangkap kata yang di-spell secara benar tapi digunakan secara keliru. Spellingnya benar tapi misused. Contohnya: thorough atau through, sight atau site, country atau county, to atau too atau two. Semua kata-kata itu benar dan bukan misspell, tapi yang kemudian terjadi adalah tertukarnya kata-kata tersebut. Misused atau wrong word usage. Bahkan ada teman yang keliru menukarkan kata Mike, please you check it using goggle. Maksudnya search engine google tapi tertukar dengan goggle (safety glass/kacamata pengaman).

Misspelling atau misusing terjadi bukan sebatas penulis individu tapi bahkan oleh perusahan-perusahan besar sekalipun. Dan bukan hanya di notes pribadi tapi juga di tempat-tempat umum sekalipun.
Mari kita lihat beberapa contoh berikut ini juga:

Ada sebuah papan iklan gede ini menampilkan tulisan yang sangat menggelitik urat ketawa setiap yang membacanya. Bayangkan Public School tertukar atau misused dengan Pubic School? Ha..ha..ha…Kita tau bersama Public artinya Umum. Jadi Public School itu adalah sekolah umum. Nah, kalau Pubic? Geli ah. Soalnyakan kalau Pubic Hair artinya rambut di sekitar kemaluan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar