Rabu, 20 November 2013

Belajar Bahasa Inggris: Comparative Degree

Apa bahasan kita kali ini? Baiklah, saya ingin mengajak kita untuk belajar bersama tentang Comparative Degree, (-er / more). Biasanya bentuk ini digunakan orang untuk membandingkan atau menjelaskan perbedaan antara dua benda atau dua orang yang tingkatannya berbeda. Sederhananya, ‘CD’ (Comparative Degree) adalah alat atau sarana untuk menyatakan bahwa seseorang pun sesuatu (benda) mempunyai ‘sifat lebih’ dibandingkan yang lain.

Mari kita simak contoh berikut ini: a) I am smarter than you (saya lebih pintar dari kamu).
b) My car is more expensive that yours (mobil saya lebih mahal dari punyamu)
Bila Anda ingin memastikan bahwa penggunaan ‘CD’ sudah sesuai dan tepat, maka perlu sekali untuk memahami dan mengerti beberapa ketentuan berikut ini.

Apabila kata sifat yang hendak dibandingkan tersebut hanya terdiri dari satu suku kata, maka kata tersebut hanya perlu Anda tambahkan –er saja setelah kata sifat tersebut. Contoh: Old Older, Fat fatter, Fast faster, CheapCheaper, dan lain sebagainya. My mom is younger than your mom (ibu saya lebih muda dari ibumu). Indonesia is bigger than Thailand (Indonesia lebih besar dari Thailand).


Nah, bagaimana bila kata sifatnya lebih dari satu suku kata? Jelas kita tidak akan menambahkan –er setelah kata sifat tersebut, melainkan kita harus menempatkan kata ‘more’ sebelum kata sifat tersebut. Misalnya Expensive more expensive, complexmore complex, interestingmore interesting. Contoh: Kompasiana is more interesting than any other social media.

Lantas bagaimana dengan kata sifat yang berakhiran huruf y? Ini lain lagi. Meskipun memiliki lebih dari satu suku kata, tapi kita harus menambahkan akhiran -erdengan tentu saja terlebih dahulu mengganti akhiran y tadi menjadi I’. Umpamanya pada kata Lazylazier. Happy happier, nasty nastier, dan sebagainya. You are lazier than me (Kamu lebih malas dari saya). Jangan simpan di hati yah, ini hanya sekedar contoh saja, sebab bisa jadi pada kenyataannya, you are more diligent than me (kamu lebih rajin dari saya).

Sebetulnya ada juga beberapa kata sifat yang mempunyai bentuk tidak beraturan. Bila kita mau mengubahnya menjadi ‘CD’, maka antara lain inilah kata-kata tersebut: little less, good better, much more, bad worse, dan lain sebagainya. Contoh dalam kalimat, he knows Kompasiana better than us.
 
Akhirnya, untuk menutup tulisan ini saya akan memberikan contoh kalimat yang masih sering saya dengar. Begini, beberapa kawan sering bilang seperti ini: “I know more better than you…” (mungkin maksudnya hendak mengatakan saya tau lebih baik dari kamu). Atau kalimat lain yang seperti ini, “My car more cheaper than your car” (maksudnya ingin bilang mobilku lebih murah dari mobilmu). Menurut Anda, apakah penggabungan more better sudah tepat? Atau sebaliknya cukup menggunakan better saja? Juga more cheaper sudah tepat? Atau cukup menggunakan kata cheaper saja yang sudah bermakna lebih murah? Happy weekend you all! Cheers. —Michael Sendow—

Tidak ada komentar:

Posting Komentar