Sabtu, 09 Juni 2012

Sampai Mana Penguasaan English Anda? English Words yang Unik dan Lucu



Bahasa Inggris yang sangat mungkin merupakan bahasa paling banyak dipakai di seluruh dunia, ternyata menyimpan banyak keasingan dan keunikannya tersendiri. Ada beberapa kata yang tidak umum kita temua dalam percakapan sehari-hari, tapi terkadang hanya ditemui ketika kita membaca petuah-petuah, atau ketika kita lagi mengisi TTS (Teka Teki Silang) atau di Amerika dikenal dengan “crossword”.

Nah, kata-kata unik nan lucu tapi sangat asing, jangankan di telinga kita, bahkan di telinga para native speaker sekali pun, menarik untuk dipelajari. Kada kita baru tahu bahwa ada satu kata pendek ternyata artinya bisa panjang lebar. Kata-kata ini membuat kita bertanya-tanya siapa sih yang sudah mengembangkan dan atau invented them into English either British or American?

Mari kita lihat contoh-contoh berikut:

Dalam hal tulis-menulis, apabila Anda punya kemampuan menulis suatu subjek yang tidak penting maka keahlian Anda itu dikenal sebagai adoxography. Bukankah di sini banyak penulis yang piawai membuat tulisan tentang sesuatu yang sebenarnya remeh-temeh nggak penting. Tapi mampu diolah menjadi menarik untuk dibaca. Tapi ada juga penulis yang selalu tegang, kaku dan tidak pernah tertawa. Orang yang tidak pernah tertawa itu dipanggil dengan agelast.

Lalu Anda yang suka memalsu-malsukan senyum, itu tuh seperti yang banyak kita saksikan di layar TV disebut dengan eccedentesiast. Lalu  kadang-kadang kalau melihat sesuatu yang amat lucu kita merasa geli dan tertawa histeris. Bahkan tertawa dengan super histerisnya, Nah ini juga ada istilahnya yaitu cachinnation.


Rumah sehat ini banyak dihuni para guru juga kan? Kalau ada di antara kalian yang suka memukul anak sekolah, ada kata yang tepat untuk kalian, ini dia: dippoldism. Kata itu adalah penjelasan unik atas tindakan suka memukul anak sekolah. Kemudian ada yang suka berbicara seperti orang bodoh, padahal tidak. Atau suka mengeluarkan kata-kata bodoh. Tindakan itu dibilang sebagai inaniloquent.

Apakah di sini ada penulis yang memiliki hidung pesek? Anda akan disebut brevirostrate. Terus bagaimana dengan yang gemuk pendek, adakah yang seperti itu di sini? Nah, siap-siaplah mengenal istilah Inggrisnya. Pyknic. Ya! Itulah katanya. Bukan berarti karena suka piknik maka Anda menjadi gemuk dan pendek. Sama sekali bukan. Entah dari mana muasalnya kata pyknic itu diserap. Tapi yah, begitulah adanya. Saya sering bertemu dengan beberapa teman yang mahir menggunting rambutnya sendiri. Orang yang memotong rambutnya sendiri lalu disebut apa? Autotonsorialist.
Nah, tentu ada juga yang memiliki kaki yang sangat besar. Orang Minahasa menyebutnya “kaki panggayo” = Kaki Dayung. Bisa mendayung perahu barangkali? Bahas Inggris uniknya mengenal kaki yang sangat besar itu dengan sciapodous. Lalu adakah yang suka berjalan tanda sepatu? Telanjang kaki di Amerika sudah lazim disebut barefoot. Tapi ada bahasa uniknya yang mungkin belum banyak yang tahu yaitu nelipot, entahlah apakah ada hubungan dengan knalpot atau tidak. Ha ha ha.

Kita semua tentu tidak bisa hidup tanpa makan. Walaupun ada yang selalu mempertanyakan apakah kita makan untuk hidup atau hidup untuk makan? Bukanlah soal. Yang pasti semua manusia bakalan mati kalau tidak makan. Orang mungkin paling hebat bisa paling lama 40 hari, selebihnya bisa langsung wafat bin mati. Tapi ada juga yang rakus sehingga makannya sungguh berlebihan. Pernahkan suatu ketika Anda makan hingga kenyang banget. Saking kenyangnya dada terasa sesak dan makanan terasa sudah sampai di tenggorokan? Kekenyangan yang luar biasa itu disebut eccedentesiast. Dan untuk mereka yang bisa makan dengan sangat cepat. Mungkin satu piring penuh dihabisi dalam 3 menit atau kurang? Fast eating itu terdengar lucu yaitu tachyphagia.

Ketika lagi mengisi Teka Teki Silang (TTS) ada pertanyaan ini: Disebut apakah suara atau bunyi yang ditimbulkan angin di antara pepohonan atau gemerincing bunyi dedaunan? Jawabnya: Psithurism.
Pertanyaan lainnya: Apa itu masculinity qualities in a woman? Unsur atau kualitas maskulin dalam diri seorang wanita dikenal dengan viraginity.
Selanjutnya, apakah mammothrept itu? Itu adalah sebutan untuk anak yang dibesarkan dan dimanjai oleh nenek (oma) mereka.

Bagi Anda yang romantis, pelajarilah yang ini…
Keinginan yang amat sangat untuk mencium = basorexia. Apakah karena ada hubungannya dengan keseringan makan daging baso? Saya juga kurang tahu.
Ciuman pake lidah atau biasa dikenal dengan French Kiss itu disebut cataglottism. Ini jangan dikira diambil dari catalog lho. Bukan.
Setelah ciuman mulailah gelitik-menggelitik yang akhirnya menimbulkan rasa geli yang amat sangat. Geli yang luar biasa itu boleh dibilang sebagai gargalesis. Tapi ada sensasinya lho dari kegelian itu. Sensasi dari rasa geli itu adalah gargalesthesia.

Karena sensasi dari rasa geli itulah maka tidak jarang banyak yang melanjutkannya ke jenjang perkawinan. Pertanyaan selanjutnya: Disebut apakah perkawinan antara seorang wanita muda belia dengan laki-laki tua bangkotan? Manis banget sebutannya: Alphamegamia. Tapi mungkin karena berbeda usia maka terjadilah perkawinan yang tidak bahagia yaitu cagamosis. Perkawinan yang tidak bahagia pun berujung pada perceraian. Lalu kawin lagi. Perkawinan kedua setelah bercerai itu adalah digamy. Sangat mungkin karena monogamy=satu, lalu polygamy=banyak, maka akar kata digamy diambil dari tengah-tengahnya.

Ah, sudahlah cukuplah bincang-bincang kita kali ini. Saya sudahi dulu tulisan ini. Mengingat menulisnya di ruang tunggu yang penuh kebisingan dan asap rokok. Malah pemuda di sebelah sana lagi asyiknya menciptakan awan-awanan dari semburan asap rokoknya atau disebut juga nepheligenous. Saya sih hanya kepengin habisin bir yang sudah terlanjur dibeli ini. Bir yang oleh sebagian teman saya dianggap bau kencing kuda atau jumentous. Lho, apa benar bau kencing kuda (jumentous) sama kayak bau bir ya? Apa di sini ada yang setuju bahwa bau kencing kuda sama dengan bau bir? Mudah-mudahan nggak!

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar